Wisata

Terungkap, Seperti Ini Ternyata Bentuk Rumah Nabi Muhammad

Bentuk rumah Nabi Muhammad (Foto: Fitraya/detikTravel)

Nabi Muhammad SAW menjalani hidup dengan sangat bersahaja. Rumahnya sangat sederhana untuk ukuran seorang pemimpin besar. Kini lokasi rumah tersebut sudah menjadi makam di kompleks area Masjid Nabawi di Madinah. Dan para peziarah sekarang bisa melihat bentuk asli rumahnya.

Bagi yang pernah pergi haji atau umroh tentunya sudah pernah berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Makam yang hanya berbentuk dinding hijau persegi empat ini dulunya adalah rumah Rasulullah. Meski demikian, tidak ada yang tahu persis bagaimana bentuk rumah Rasulullah.

Namun sekarang para peziarah bisa melihat gambaran seperti apa bentuk rumah Nabi Muhammad SAW di Museum Nabi Muhammad.

Nama resmi museum tersebut adalah Muhammad The Messenger of Allah Exhibition. Letaknya ada di depan Gerbang 8 Masjid Nabawi. Museum tersebut dibuka setiap hari dari pukul 08.00-12.00, kemudian ditutup untuk istirahat siang dan buka lagi pada pukul 16.30-20.00.

Masuknya pun gratis!

Museum Nabi Muhammad

Bagian depan Museum Nabi Muhammad (Foto: Fitraya/detikTravel)

Museum Nabi Muhammad ini dikelola oleh Al Madinah Al Munawwarah Research & Studies Center. Tentu saja tidak sembarangan dalam merancangnya. Semuanya sudah melalui penelitian dan kajian mendalam.

Museum Nabi Muhammad menjelaskan segala sesuatu tentang rasul terakhir itu. Meski demikian, tidak ada barang atau artefak peninggalan Rasulullah yang dipajang di sini. Display-nya lebih ke gambar dan beberapa diorama bersejarah.

Pertama peziarah akan diajak mengenal biografi dan perjalanan hidup Nabi Muhammad yang disusun dari aneka catatan sejarah dan literatur. Mulai dari garis keturunan Nabi Ibrahim, hingga kisahnya hijrah dari Makkah ke Madinah yang menjadi titik balik dalam hidup nabi.

Di sini lah para pengunjung bisa melihat gambaran rumah Nabi Muhammad! Tentu saja dibuat bukan sembarangan, tapi hasil penelitian sejarah yang serius.

Bentuk awal Masjid Nabawi (Foto: Fitraya/detikTravel)

Para peziarah akan terkesima, Masya Allah, betapa sederhana rumah sang pemimpin besar ini. Rumahnya hanya tembok bata dengan atap daun kurma yang dikeringkan yang jatuh ke satu sisi. Isi rumahnya pun hanya satu ruang untuk kegiatan utama dan kamar tidur saja. Sementara pagarnya dari kayu dan ada akses langsung ke Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi pun sangat berbeda kondisinya dengan yang ada sekarang. Sangat sederhana, hanya tembok bata setinggi pagar, beralas tanah, tanpa atap sama sekali. Bagian yang beratap hanya barisan pertama salat, dengan atap daun kurma dan tiangnya juga batang pohon kurma. Ada mimbar tempat nabi menyampaikan khutbah.

Setiap tiang masjid ini adalah tiang bersejarah dan sekarang sudah digantikan dengan tiang beton modern. Tiang bersejarah diberi tanda berwarna hijau. Ada beberapa peristiwa terjadi di tiang-tiang itu terutama yang sekarang menjadi area Raudhah antara rumah dan mimbar Nabi Muhammad.

Kota Madinah era Nabi Muhammad (Foto: Fitraya/detikTravel)

Yang tak kalah menarik adalah maket Kota Madinah di masa Nabi Muhammad hidup. Tampak pula letak rumah para sahabat. Wah, ternyata Madinah di zaman dulu begitu sederhana, hanya kumpulan beberapa rumah saja. Luas kota Madinah kuno cuma seluas Masjid Nabawi hari ini.

Sebagai gambaran, Pemakaman Baqi dalam sejarahnya disebut ada di pinggir Kota Madinah. Tapi kini Pemakaman Baqi bersebelahan dengan kompleks Masjid Nabawi.

Di bagian akhir tentu saja foto makam Nabi Muhammad. Display ini menjadi penutup kisah hidup dan perjuangan Rasulullah.

Berkunjung ke museum ini dijamin bikin peziarah makin mengenal Nabi Muhammad dan mencintainya. Pastikan Anda mampir saat pergi umroh dan haji.

 

Artikel Lain